Pages

Minggu, 19 April 2015

Perbedaan Transfer Online, SKNBI ( Kliring ) dan RTGS

Mentransfer uang di Indonesia bukanlah perkara yang sangat mudah, murah dan cepat seperti yang dibayangkan. Hal ini berlaku bagi mereka yang mentransfer dari bank yang satu ke bank yang lainnya. Misalnya saja, mentransfer uang dari Bank Mandiri ke Bank BNI, via ATM akan jauh sangat lebih mudah karena kedua bank tersebut tergabung dalam satu link bernama ATM Bersama. Lain halnya jika Anda berniat mentransfer dari Bank Mandiri ke Bank BCA lewat m-banking,i-banking atau sms banking.

Bagi pengguna / user internet banking yang akan melakukan transfer dana pada menu transfer antar bank, tentu melihat ada 3 sub menu yang muncul ketika tombol poinnya di collapse yaitu, Transfer Online, SKNBI(Kliring), dan RTGS. Lalu apa sih sebenarnya arti dari istilah-istilah tersebut dan apa saja perbedaan dari ketiganya.

Perbedaan Transfer Online, Kliring, dan RTGS pada internet banking BNI dari sisi waktu pengiriman dan biaya transfernya seperti berikut ini :

·     Transfer online digunakan untuk melakukan transfer dari Bank Mandiri ke rekening bank yang tergabung dalam anggota ATM Bersama, seperti Bank BRI, CIMB Niaga, OCBC NISP, Permata Bank, Standard Chartered, BRI Syariah, HSBC, Citibank, Danamon, BII, Commonwealth, Bukopin, Bank Mega, Panin, BTN, termasuk juga bank-bank daerah (BJB, Jatim, dll). Total ada 79 bank. dan juga BCA yang termasuk dalam jaringan ATM Prima.
Karena sistem antar bank nya terintegrasi, waktu transfer untuk sampai ke rekening tujuan adalah realtime online, atau langsung masuk saat itu juga.
Biaya transfer Rp 6500  dan batas transaksi maksimal Rp 25juta per-hari (tergantung Jenis Kartu )

·     Kliring (juga disebut LLG atau SKNBI) digunakan untuk transfer ke semua rekening bank nasional, termasuk Jaringan ATM Prima (BCA salah satunya) dan Jaringan ATM Bersama.
Waktu transfer 1 hari kerja, tapi menurut pengalaman bisa hanya dalam satu hari jika transfernya pagi hari.
Biaya transfer Rp 5000 dan batas transaksi maksimal  Rp.99.999.999 per-hari ( E Channel)
dan Rp.500.000.000 Di Teller.

·      RTGS (Real-Time Gross Settlement) sama seperti kliring, namun waktu pengiriman lebih cepat sampai, sekitar 1-3 jam di hari yang sama setelah transfer. Berdasar pengalaman malah pernah di hari berikutnya dana baru terkirim ke rekening tujuan. Biaya transfer Rp. 35.000 dan Minimum Transfer Rp 100.000.000,-

52 comments:

  1. Tranfer pakai kliring lemot. Padahal saldo sdh berkurang sesuai jml yg ditranfer. Nunggu sampai 3 hari. Perlu adanya perbaikan pelayanan.

    BalasHapus
  2. Kalau mau cepat Transfer Online aja pak .. Kecuali kalau transfer jumlah besar ya mau gak ma harus kliring

    BalasHapus
    Balasan
    1. toh klik BCA aja bisa transfer 100 juta real time... GPL.. System Mandiri emang ampas kok... lebih lucu lagi nelp kantor pusat.. kalo mau pake MIB di HP gak bisa pake di Inet kalo mau Inet gak bisa HP.. ini IT plg lucu yang pernah ada

      Hapus
    2. Mksudna IT nya knp om?? Pke topeng kyk badut kah?? Trus hidungnya merah yah?? Kok bisa lucu,,

      Hapus
    3. Mksudna IT nya knp om?? Pke topeng kyk badut kah?? Trus hidungnya merah yah?? Kok bisa lucu,,

      Hapus
    4. hahahaha ikut ketawa om,,, ane pengguna mandiri juga

      Hapus
  3. Ktanya sih kita transaksi esok hrinya di jm yg sma bru smpe

    BalasHapus
  4. Klu rtgs batas transaksi maksimalnya perhari brp?

    BalasHapus
  5. Klu rtgs batas transaksi maksimalnya perhari brp?

    BalasHapus
  6. Ada yang kirim lewat kliring hari kamis pas hari ketiga hari sabtu.apakah hari sabtu masuk atau hari senin baru masuk.Trmksh.

    BalasHapus
  7. LLG di bawah Jam 11, bisa masuk sore hari, di atas jam 11 masuk H+1, sabtu minggu masuk hari senin

    BalasHapus
  8. Saya kan kirim clearing sekitar jam 10 lewat 10 menit dihari senin. Kira kira nyampenya kapan yah dr BNI ke BRI?

    BalasHapus
  9. Setau saya saat ini kliring sudah ada 3 kali proses setiap harinya, di jam 10.00, jam 12.00, dan terakhir jam 15.00, dan proses pengirimannya/transfer juga cepat, jd ga perlu nunggu lama berhari2.. hanya sekitar 3-4 jam sudah terproses dan masuk.
    (pengalaman)

    BalasHapus
  10. Kmaren tmenku tf tewat kliring kok dh dr tanggal 4 dh di tf balik 1jt buat pancingan kok nggak nyampe y smpai sekarang

    BalasHapus
  11. Q Udh 1jt katanya buat pancingan biar cpet ... Udh d ksih 1jt kok nggk nyampeee thaa :'(

    BalasHapus
  12. Aq ditf via kliring dr kmren koq blm nyampe jg ya

    BalasHapus
  13. Ada yg tau brpa lama proses kliring transfer m bca ke bri..?

    BalasHapus
  14. Saya trf kliring dr hari jumat siang smpe hari selasa ini blum masuk ya mandiri to bri �� lemot yaa

    BalasHapus
  15. Saya transfer dr mandiri ke BNI hari jumat jam 10 mlm...sampai hari senin mlm kok blm sampai??padahal saldo udah kepotong...gmn nih?

    BalasHapus
  16. Sy transfernya pakai kliring

    BalasHapus
  17. karena transfer ke RDN via atm,mobile,sms,internet banking sudah tidak bisa lagi , alternative satu-satunya dateng ke teller dan kalau tidak mau ngantri... Akhirnya ya pake kliring.... Lama dikit tapi nyaman, 24jam lagi....thk

    BalasHapus
  18. Saya transfer via mandiri mobile ke rekening bca pilih opsi kliring hari senin jam 4 sore, sampe hari selasa pagi jam 10

    BalasHapus
  19. Saya trf dari cimb ke bca pake mbanking kliring hari rabu pukul 15:36 , kira2 sampenya kapan ya ?

    BalasHapus
  20. Tolong ada yang pengalaman gak transfer bri ke bca via atm total 6jt apa pakai kliring ya??
    Kok blm masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo transfer antar bank lewat atm harusnya langsung masuk( real time) coba di cek lg struk atm nya accepted atau decline, karena limit transfer bank lain 5-10jt tergantung kartu.

      Hapus
    2. Kalo transfer antar bank lewat atm harusnya langsung masuk( real time) coba di cek lg struk atm nya accepted atau decline, karena limit transfer bank lain 5-10jt tergantung kartu.

      Hapus
  21. Kalo transfer kliring utk ke luar negri minimal berapa ?

    BalasHapus
  22. saya transfer ke BCA dengan menu online, langsung nyampe. atau setidaknya dapat notifikasi dari mandiri kalau transaksi berhasil, cuma saya belum saya crosscheck ke pemilik rekening target. :D

    BalasHapus
  23. dubedakan ya gan kiriman uang /transfer uang lewat atm dengan kliring (SKN).untuk kiriman lwt atm prosesnya real time asal bank pengirim dengan penerima tergabung atm bersama.link,prima,alto dll.klau melalui SKN gak ada syarat&ketentuan bank mana yang bisa asalkan bank itu berada di Indonesia.prosesnya 3-4 jam sudah bisa dtrima ke rekening bank tujuan.apabila belum sampai kiriman selama 3-4 jam ada kemungkinan agan n sista salah tulis no rekening bank tujuan atau nama pemilik rekening bank tujuan kurang lengkap diisi slip kriman uang. gak perlu takut gan kl salah gitu pihak bank penerima SKN akan menghubungi klau kiriman SKN agan & sista gagal dan bisa ditransaksiin ulang.cukup siapin KTP atau ID card .
    intinya kriman uang lewat atm ataupun SKN aman dan cepet gak rempong asal agan teliti input no rekening bank tujuan sama pastiin deh nama lengkap pemilik rekening tujuan agan & sista.

    salam Ayo ke Bank.....

    BalasHapus
  24. kalau remitta itu artinya apa y. koq d ringkasan transaksi atm bank cimb niaga saya ad yg bgtu?

    BalasHapus
  25. kalau remitta itu artinya apa y. koq d ringkasan transaksi atm bank cimb niaga saya ad yg bgtu?

    BalasHapus
  26. Transfernya dari bank mandiri ke bank lain lebih mudah dan cepat via sms banking...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kau lewat internet bengking transfer kliring cepat ga proses x dan nrpinimal tf x

      Hapus
    2. Kau lewat internet bengking transfer kliring cepat ga proses x dan nrpinimal tf x

      Hapus
  27. Mohon balas kalo kita transfer Mandiri mobil via Handphone Online, Rtgs dan kliring ada batas waktu tidak...ato hrs mengikuti jam kantor...klo transfer malam hari mana lebih cepat online, rtgs ato kliring ya, thank u very much for your info...salam

    BalasHapus
  28. makasih mas ... saya sudah menggunakan transfer online dari mandiri banking langsung terkirim

    BalasHapus
  29. Sy mau transfer dr ibank bni ke rek mandiri 23jt, apa bisa sekali transfer? Mhn info tks

    BalasHapus
  30. bagaimana kl misal kita kliring ke bank mandiri,tapi ternyata rekening tujuan sudah tidak aktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dana akan di refund/dikembalikan oleh bank pengirim tp biasanya nunggu bbrp hari krn ada proses rekonsiliasi dulu.

      Hapus
  31. Saya dapat sms dari pengirim lewat mandiri internet banking berhasil ke bca saya....saldo di cek blm ada masuk transfer tgl 31 maret 18 ,jam 18...sampai tgl 1 ini blm masuk....

    BalasHapus
  32. Apa memang benar bisa ya transfer clirring menggunakan dari Handphone contoh Mandiri ke BCA, soalnya ada yang transfer pakai cliring dari Handphone ngirimnya... dan saya tunggu2 belum ada masuk ke rekening

    BalasHapus
  33. tapi klu dari mandiri ke bri gak bisa on line.
    mohon penjelasanya

    BalasHapus
  34. Sy transfer kliring hari minggu 04/12/18 jam.3 sore.. Coba datang k bank mandiri terdekat ktanya suruh tunggu 3hari kerja sampai hari rabu besok.. Mdh2n aja masuk k rekening tujuan mandiri ke bri..

    BalasHapus
  35. Sy transfer kliring hari minggu 04/11/18 jam.3 sore.. Coba datang k bank mandiri terdekat untuk pengecekkan, ktanya suruh tunggu 3hari kerja sampai hari rabu besok.. Mdh2n aja masuk k rekening tujuan tranafer kliring dari mandiri ke bri via mobile banking..

    BalasHapus
  36. Unknown5 November 2018 22.16
    Sy transfer kliring hari minggu 04/11/18 jam.3 sore.. Coba datang k bank mandiri terdekat untuk pengecekkan, ktanya suruh tunggu 3hari kerja sampai hari rabu besok.. Mdh2n aja masuk k rekening tujuan transfer kliring dari mandiri ke bri via mobile banking..

    BalasHapus
  37. Sayatransfer melalui mobile BANKING.. Ke Rek tabungan cimb niaga. Transfer jalur skn bukan online, td pagi jam 8. Ko ampe skarang blm masuk ya dan saldo saya berkurang.. Mnta jawaban nya donk kira" kapan itu masuk ke Rek cimb

    BalasHapus