Pages

Rabu, 24 Oktober 2012

Proses Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi


Proses Pengambilan Keputusan  Dalam Organisasi

Decision Making atau Pengambilan keputusan dilakukan dalam upaya memecahkan masalah yang ada, proses ini hanya di lakukan satu kali dan mengandung resiko.
Keputusan yang tepat adalah keputusan yang berkualitas ( memikirkan Dampak  dari keputusan itu ) dan dapat diterima semua pihak .

Tujuan Dari Pengambilan Keputusan

·       Pencapaian tujuan organisasi secara lancar, mudah & efisien
·   Pemecahan masalah atas kendala yang di hadapi organisasi ( yang seringkali bersifat kontradiktif )

Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan

·       Adanya pengaruh tekanan dari luar
·       Adanya pengaruh kebiasaan lama
·       Adanya pengaruh sifat-sifat pribadi
·       Adanya pengaruh dari kelompok luar & lingkungan sosial
·       Adanya Pengaruh dari masa lalu ( Pengalaman )

Tipe-Tipe Pengambil Keputusan

·       Tipe Ketergantungan
     Tidak mempunyai pendirian tegas hanya tergantung pada orang lain
·       Tipe Eksploitatif
     Mengeksploitasi orang lain
·       Tipe Tabungan
    Cenderung “menabung” idenya sendiri untuk perkuat posisi dan tidak bersedia Sharing kepada orang lain.
·       Tipe Pemasaran
     Pengambil keputusan “menjual “/ pamer.
·       Tipe Produktif
    Adanya kemampuan, pengetahuan, & keterampilan serta pandangan yang jauh ke depan


0 comments:

Posting Komentar